BIMTEK PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA BAGI PENGELOLA PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN PERPUSTAKAAN DESA DI KABUPATEN SERUYAN TAHUN 2017

BIMTEK PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA BAGI PENGELOLA PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN PERPUSTAKAAN DESA DI  KABUPATEN SERUYAN TAHUN 2017

 KUALA PEMBUANG, Selasa ( 05 / 12 / 2017 ) Bertempat di Aula Mess Pemda Kabupaten Seruyan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Seruyan melaksanakan  Bintek Perpustakaan Se-Kabupaten Seruyan Tahun 2017 yang bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi  Kalimantan Tengah. Bimbingan teknis ini bertujuan memberikan pemahaman tentang mengolah buku dan pengelolaannya melalui “ BIMTEK PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA BAGI PENGELOLA PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN PERPUSTAKAAN DESA/KELURAHAN DI KABUPATEN SERUYAN TAHUN 2017“ Acara ini dilaksanakan selama 1 ( Satu ) hari, dengan dihadiri 100 Orang peserta dari perwakilan beberapa Sekolah dan Desa di dua Kecamatan, yang tersebar di Kecamatan Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur.

    Narasumber : Ibu Mawarti, BA dan Ibu Elisabeth Ikat, A.Ma dari Dispursip Prov. Kalteng

 Bimtek Pengolahan Bahan Pustaka bagi Pengelola Perpustakaan Sekolah dan Perpustakaan Desa/Kelurahan di Kabupaten Seruyan Tahun 2017, di Buka Oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Seruyan Bapak Drs. H. ASTONO. Dalam sambutanya menyampaikan “Peran dan fungsi Perpustakaan yang merupakan sebuah lembaga pendidikan non formal yang mampu mencerdaskan kehidupan bangsa sangat penting keberadaannya di masyarakat terutama untuk anak-anak sekolah yang haus akan pengetahuan. Menumbuhkan minat baca pada anak sekolah dan masyarakat merupakan tantangan tersendiri yang harus dilakukan oleh pengelola perpustakaan Desa/Kelurahan ”.

 

       Sambutan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Seruyan, Drs.H.Astono 

 Setelah pembukaan Bimtek Pengolahan Bahan Pustaka bagi Pengelola Perpustakaan Sekolah dan Perpustakaan Desa/Kelurahan di Kabupaten Seruyan Tahun 2017 dilanjutkan dengan Materi Pengelolaan dan Pelayanan Perpustakaan oleh Ibu Mawarti, BA sebagai Narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi  Kalimantan Tengah. Kemudian dilanjutkan kembali dengan Praktek Pengelolaan Bahan Pustaka ( Inventarisasi, Klasifikasi dan Katalogisasi ) oleh Ibu Elisabeth Ikat, A.Ma sebagai Narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi  Kalimantan Tengah.

     Penyampaian Materi Pengelolaan dan Pelayanan Perpustakaan oleh Ibu Mawarti,BA
       Penyampaian Materi Praktek Pengelolaan Bahan Pustaka Oleh Ibu Elizabeth Ikat,A.Ma

Drs. M. Khamdani, Sekretaris sekaligus sebagai Ketua Panitia Bimtek menyampaikan, "melalui Bimtek ini diharapkan dapat  memberikan pengetahuan dan keterampilan cara pengolahan bahan pustaka dan permasalahannya,"

Kabid Pengolahan, Layanan dan Pengembangan Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Seruyan, Noperi Solistia menyampaikan, “Salah satu tugas kami adalah pembinaan perpustakaan di Kabupaten Seruyan, perpustakaan yang dibina baik perpustakaan sekolah, perpustakaan Desa/Kelurahan perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan instansi atau khusus, yang ada di Kabupaten Seruyan" jelasnya.

Mengenai materi disampaikan yaitu pengelolaan dan pelayanan perpustakaan, serta praktek pengelolaan bahan pustaka (inventarisasi, klasifikasi dan katalogisasi). Materi lainnya, pemeliharaan dan perawatan bahan pustaka, peningkatan minat dan gemar membaca, pengenalan teknologi informasi perpustakaan. Dengan Bintek ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pustakawan dan terjalin sinergitas antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Seruyan dengan Perpustakaan - perpustakaan di sekolah maupun Desa/Kelurahan.

 

 

Dipost Oleh Wiwi

Tetap semangat menatap masa depan

Post Terkait