GOTONG ROYONG JUMAT BERSIH, 18 Agustus 2017

GOTONG ROYONG JUMAT BERSIH, 18 Agustus 2017

Gotong Royong bersama Wabup Seruyan

KUALA PEMBUANG - Gotong royong merupakan istilah Indonesia untuk bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan. Istilah ini berasal dari gotong berarti "bekerja", dan royong berarti "bersama". Bersama dengan musyawarah, pantun, Pancasila, hukum adat, ketuhanan, dan kekeluargaan, gotong royong menjadi dasar filsafat Indonesia.

Jika kita berbicara masa lalu, mudah sekali menemukan budaya gotong royong dalam berbagai bentuk. Mulai dari kerja bakti yang seringkali dilakukan warga masyarakat setiap satu minggu sekali hingga budaya gotong royong antar umat beragama. Budaya gotong royong adalah identitas nasional. Karenanya, budaya gotong royong seharusnya terus dijaga supaya terus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dan selaras dengan semboyan Kabupaten Seruyan “Gawi Hatantiring”

Istilah gotong royong berasal dari bahasa Jawa.  Gotong berarti pikul atau angkat, sedangkan royong berarti bersama-sama. Sehingga jika diartikan secara harafiah, gotong royong berarti mengangkat secara bersama-sama atau mengerjakan sesuatu secara bersama-sama. Gotong royong dapat dipahami pula sebagai bentuk partisipasi aktif setiap individu untuk ikut terlibat dalam memberi nilai positif dari setiap obyek, permasalahan, atau kebutuhan orang-orang di sekelilingnya. Partisipasi aktif tersebut bisa berupa bantuan yang berwujud materi, keuangan, tenaga fisik, mental spiritual, ketrampilan, sumbangan pikiran atau nasihat yang konstruktif, sampai hanya berdoa kepada Tuhan. 

Dalam rangka mewujudkan tema kemerdekaan Republik Indonesia ke 72, dengan tema "Indonesia Kerja Bersama", Seluruh jajaran Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Seruyan melaksanan gotong royong , Jumat (18/8/2017).

Selain diikuti oleh hampir seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan termasuk personil yang berasal dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, kegiatan ini pula dipantau dan dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Seruyan Yulhaidir dan Sekda Seruyan Drs. H. Haryono, MM.

Melalui kegiatan ini diharapkan  dapat meningkatkan sinergitas sesama petugas abdi negara dengan masyarakat dan meningkatkan solidaritas antara instansi pemerintah dalam hal saling mendukung untuk melaksanakan tugas-tugas negara. Diharapkan dari kegiatan ini pula, dapat menciptakan kebersamaan antara masyarakat dan Aparatur Sipil Negara demi terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat. (SN)

Dipost Oleh Super Administrator

Success is not a final and failure is not an initial. Do n’t be afraid to move, because the distance of 1000 kilometers starts by a single step.

Post Terkait