LAYANAN MOBIL PERPUSLING DIMUSIM HUJAN

LAYANAN MOBIL PERPUSLING DIMUSIM HUJAN

                    KUALA PEMBUANG, KECAMATAN SERUYAN HILIR (FEBRUARI,2020). Dalam rangka Meningkatkan Minat dan budaya baca anak, mengenalkan fungsi dan Peranan Perpustakaan. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Seruyan, Melalui Kegiatan Layanan Mobil Perpustakaan Keliling menyambangi sekolah-sekolah yang berada di sekitaran Desa Persil Raya, Kelurahan Kuala Pembuang I, Kelurahan Kuala Pembuang II dan Desa Sungai Undang yang masih di lingkup Kecamatan Seruyan Hilir.

 D1_ED

D3_ED

D4_ED

Peminjaman, Pengembalian dan Tanya Jawab di SDN 2 Persil Raya ( Senin, 03 Februari 2020 dan Rabu, 05 Februari 2020)
D5_ED

D6_ED

D7_ED

D8_ED

D9_ED

Peminjaman, Pengembalian dan Tanya Jawab di SD Asseruyaniyyah ( Selasa, 04 Februari 2020 dan Kamis, 06 Februari 2020)

                    Pada Bulan Februari  ini Layanan Mobil Perpustakaan Keliling  berkesempatan berkunjung dan melayani beberapa sekolah di anataranya SDN 2 Persil Raya, SD Asseruyaniyyah, SDN 1 Kuala Pembuang II, SDN 2 Kuala Pembuang II, SDN 3 Kuala Pembuang II, SDN 4 Kuala Pembuang II, SDN 1 Sungai Undang, dan MI Darul Mukmin. Layanan Mobil Perpustakaan Keliling ini merupakan program rutin yang beroperasi dari hari senin hingga kamis setiap minggunya.
D10_ED

D11_ED

D12_ED

D13_ED

D14_ED

Peminjaman, Pengembalian dan Tanya Jawab di SDN 1 Kuala Pembuang II (Senin, 10 Februari 2020 dan Rabu, 12 Februari 2020).

D15_ED

D16_ED

D17_ED

D18_ED

Peminjaman, Pengembalian dan Tanya Jawab di SDN 2Kuala Pembuang II (Selasa, 11 Februari 2020 dan Kamis, 13 Februari 2020).

                    Seperti biasa, animo anak-anak begitu kuat, setelah mobil Perpustakaan terbuka dan siap layan, serta mendengar beberapa arahan dari guru, anak-anak langsung berhamburan menyerbu untuk mimilih Bahan Pustaka / Buku yang tersedia di Mobil Perpustakaan Keliling untuk sekedar membaca maupun mendaftarkan diri kepada Petugas Layanan Mobil Perpustakaan Keliling yang bertugas pada saat itu untuk  menjadi Anggota Perpustakaan yang merupakan syarat utama agar  bisa meminjam buku tersebut. Bahan Pustaka / Buku yang paling diminati anak-anak adalah buku cerita / dongeng / novel, buku pelajaran, buku agama dan buku-buku kesenian dan keterampilan.

D19_ED

D20_ED

D21_ED

D22_ED

Peminjaman, Pengembalian dan Tanya Jawab di SDN 3Kuala Pembuang II (Senin, 17 Februari 2020 dan Rabu, 19 Februari 2020)

D23_ED

D24_ED

D25_ED

Peminjaman, Pengembalian dan Tanya Jawab di SDN 4 Kuala Pembuang II (Selasa, 18 Februari 2020 dan Kamis, 20 Februari 2020)

                    Batas waktu peminjaman Bahan Pustaka / Buku yaitu 3 (Tiga) hari dan dikembalikan pada saat jadwal Layanan Mobil Perpustakaan Keliling kembali pada waktu yang telah ditentukan oleh para petugas layanan. Layanan Mobil Perpustakaan Keliling Tidak hanya sekedar mengadakan Layanan Peminjaman Bahan Pustaka / Buku, Pengembalian Bahan Pustaka / Buku, Pembuatan Kartu Anggota, tapi juga diselipkan kegiatan tanya jawab dari para petugas dibantu oleh guru-guru sekolah untuk anak-anak tersebut, semuanya (Petugas Layanan, Guru-guru serta anak-anak) kompak terhanyut dalam suasana kebahagiaan.

D26_ED

D27_ED

D28_ED

D29_ED

Peminjaman, Pengembalian dan Tanya Jawab di SDN 1 Sungai Undang (Senin, 24 Februari 2020 dan Rabu, 26 Februari 2020)

D30_ED

D31_ED

D32_ED

Peminjaman, Pengembalian dan Tanya Jawab di MI Darul Mukmin (Selasa, 25 Februari 2020 dan Kamis, 27 Februari 2020)

                    Walaupun dalam Kondisi hujan Layanan Mobil Perpustakaan Keliling tetap dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah diberitahukan kepada pihak sekolah, bahkan tak jarang armada Mobil Perpustakaan keliling yang membawa para petugas beserta koleksi bahan pustaka / buku terjebak di kubangan air dan tanah yang becek, dan amblas di perjalanan saat bertugas. Para Petugas tak segan untuk berbecek-becekan dan hujan-hujan hanya untuk memberikan pelayanan kepada anak-anak yang telah menantikan kedatangan para petugas layanan terutama bahan pustaka / buku yang disediakan pada Mobil Perpustakaan Keliling tersebut.

D33_ED

Perjuangan Petugas Layanan Mobil Perpustakaan Keliling Ketika Armada Mobil Pertakaan Keliling Amblas di halaman Salah satu Sekolah yang dikunjungi

D34_ED

Mobil Perpustakaan Keliling Di bantu Petugas Patroli Kepolisian

                    Salah satu suka dukanya dalam melayani masyarakat pada kegiatan Layanan Mobil Perpustakaan Keliling, kadang-kadang ada rintangan kecil yaitu karena jalan yang di lalui Mobil Perpustakaan Keliling belum beraspal hingga membuat Mobil kami amblas. Namun itu bukan suatu halangan yang berarti, dengan saling bahu membahu dan juga bantuan dari Patroli Kepolisian semua bisa di atasi hingga mobil kami lolos.

By : Rierien

Dipost Oleh Mahrina DPK

Post Terkait