PERBAIKAN RESTORASI BAHAN PUSTAKA

PERBAIKAN RESTORASI BAHAN PUSTAKA

                 KUALA PEMBUANG ( Agustus 2020) kegiatan preservasi  dan  konservasi  merupakan  hal penting bagi  keberadaan perpustakaan dan ini merupakan kegiatan kedua di tahun 2020. Preservasi dan konservasi bahan pustaka berkaitan erat dengan bahan pustaka itu sendiri. Jadi bahan pustaka yang sudah dimiliki perpustakaan seharusnya tetap dijaga dan dilestarikan agar terap awet sehingga dapat dimanfaatkan dalam waktu yang lama.

 PERS_0

                                                                        Buku-buku yang diperbaiki

                 Perbaikan (restorasi) merupakan tindakan kuratif, upaya yang dilakukan dalam memperbaiki kerusakan   bahan pustaka  yang ada diperpustakaan. Dalam perbaikan bahan pustaka, yang lakukan yaitu menambal kertas dengan menggunakan kertas yg khusus, mengganti halaman yang sudah sobek dengan cara menambalnya dan memperbaiki punggung buku yang sudah rusak/sobek. Buku ynag sudah rusak  petugas menyambung dengan merekatkan kembali bagian kertas yang sobek denganmenggunakan lem FOX .

PERS_6

PERS_8

PERS_2

PERS_9

 Proses Pemilahan Buku

PERS_5

PERS_3

  Proses Perbaikan Bahan Pustaka

             Restorasi   dan  Perbaikan Bahan Perpustakaan. Staf diperpustakaan sehari-harinya berhubungan langsung dengan koleksi buku. Secara berkala bagian teknis di Pusat preservasi akan menemukan kondisi koleksi yang perlu ditangani karena rusak dalam artian kertas yang rapuh maupun jilidan seperti lepas jahitan, hilang sampulnya  dan seterusnya. Semua jenis kerusakan yang terjadi adalah merupakan dampak dari adanya  konsekwensi koleksi dalam pelaksanaan layanan bahan perpustakaan. Kenyataan dilapangan koleksi bahan perpustakaan  yang mengalami kerusakan akan bertambah parah apabila tidak segera ditangani, karena koleksi yang ada di perpustakaan  pasti   mengalami  berbagai kasus kerusakan atau kerapuhan yang diakibatkan oleh beberapa faktor yang  sangat berpengaruh terhadap kondisi koleksi. Bahan Pustaka yang belum terlalu rusak di perbaiki untuk mencegah kerusakan yang  lebih parah  yang diakibatkan karena  usia buku dan binatang penegerat, debu, cahaya, kelembaban udara dan pengguna ( manusia).

 

 

 

By : Sima syafiqah

 

 

 

Dipost Oleh Admin DPK

Post Terkait