PROSES PENGELOLAAN SURAT KABAR

PROSES PENGELOLAAN SURAT KABAR

           Surat kabar atau koran adalah barang cetakan yang berisi berita, informasi dan pendidikan yang terbit secara kontiniu yang biasanya harian. Dalam mengelola surat kabar tidak hanya asal kelola saja tetapi, juga pelu diperhatikan cara mengelola surat kabar itu melalui beberapa tahap diantaranya tahap pengumpulan koran, pemilahan, inventarisasi, penjilitan dan yang terakhir pembundalan. Koran bertujuan untuk memberikan informasi atau berita-berita terkini jadi isinya lebih menitikberatkan informasi terkini yang ada disekitar kita. Contohnya ialah berita kenaikan bensin, berita kebakaran, kecelakaan, kejahatan, kejadian alam, selain itu berita ekonomi juga disajikan di dalamnya.

 koran5

Proses Pengumpulan Surat Kabar (Koran)

               Dalam proses ini, petugas yang memang dikhususkan untuk merawat pengelolaan surat kabar atau koran memiliki tanggung jawab yang penuh untuk memeliharanya. Dalam penyimpanan koranpun petugas dari Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Seruyan sangat berhati-hati karena siapa tahu suatu saat diperlukan untuk mencari bahan pembelajaraan baik bagi mahasiswa ataupun para-para pelajar lainnya. Dalam Proses Pengelolaan surat kabar Petugas harus mengumpulan surat kabar (koran), memilah, mencatat (inventarisasi), dan yang terakhir adalah tahap pembundelan (weeding).

 KORAN1

KORAN2Proses Pemilahan Surat Kabar (Koran)

              Setelah melakukan tahap pengumpulan, petugaspun melakukan tahap pemilahan dimana dalam proses ini surat kabar harus benar-benar dipilah. Surat kabar yang dipilah diantaranya: Palangka Ekspres, Kalimantan pos, Radar sampit, Tabengan, Palangka Post, dan Kalteng pos.

 KORAN3

Proses Inventarisasi Surat Kabar (Koran)

              Selanjutnya untuk melakukan tahap pemilahan,  para petugas  melakukan pencatatan (inventarisasi) yang didalamnya meliputi: Nomor Inventarisasi, Nomor Koran, Nomor Inventaris, Tanggal,  Nama Koran, Halaman dan Penerima Koran. Dengan adanya Inventarisasi dapat memudahkan petugas dalam pencarian data-data baik tahun sebelumnya ataupun tahun-tahun berikutnya ketika diperlukan.

 KORAN4

koranku_1

KORAN6

KORAN7

KORAN8

KORAN9

KORAN10

KORAN12Proses Pembundelan Surat Kabar (Koran)

                Ini adalah tahap terakhir dalam mengelola surat kabar (koran), pada tahap ini petugas melakukan pembundelan surat kabar, sebelum pembundelan petugas harus mengukur panjang surat kabar, melubanginya dan yang terakir dilakukan penjahitan agar hasilnya bagus dan rapi.

 KORAN13

Hasil Pembundelan Surat Kabar (Koran)

 

by : Sima Syafiqah

Dipost Oleh Admin DPK

Post Terkait